PROSIDING SENDIKSA KEDUA
PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN SULTAN AGUNG
SENDIKSA KE-2
Seminar Nasional Pendidikan Sultan Agung ke-2 (SENDIKSA 2) berlangsung pada hari Selasa 12 Januari 2021, bertempat di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Sultan Agung Semarang. Semangat SENDIKSA 2, ini bertujuan untuk mempertemukan para dosen, guru, perancang kurikulum, peneliti, ahli teknologi pembelajaran dan perancang perangkat lunak pendidikan, yang memiliki minat yang sama dalam meningkatkan kualitas pengajaran dan pembelajaran dengan penggunaan teknologi yang efektif.
Table of Contents
Cover Depan | PDF (Bahasa Indonesia) | |
Daftar Isi | PDF (Bahasa Indonesia) | |
Technology Pedagogical Content Knowledge (TPCK) Pembelajar di Era Digital | PDF (Bahasa Indonesia) | |
Gogot Suharwoto |
1-15 |
|
Pemodelan Matematika dalam Konteks Pemecahan Masalah | PDF (Bahasa Indonesia) | |
Toto Nusantara | 6-25 | |
Strategi Scaffolding Pada Pembelajaran Matematika | PDF (Bahasa Indonesia) | |
Imam Kusmaryono | 26-37 | |
Pengembangan Lintasan Belajar Pada Pokok Bahasan Perbandingan di SMP Negeri 11 Padangsidimpuan dengan Pendekatan Realistik | PDF (Bahasa Indonesia) | |
Rezki Yanti, Maisyahani Nasution | 38-48 | |
Pengembangan Lintasan Belajar Pada Pokok Bahasan Segitiga dengan Pendekatan Matematika Realistik Kelas VII di MTs Negeri 1 Padangsidimpuan | PDF (Bahasa Indonesia) | |
Nur Indah Simamora | 49-58 | |
Pengembangan Lembar Kerja Siswa berbasis Kontekstual pada materi Segiempat untuk Siswa Kelas VII-4 MTs Negeri 2 Padangsidimpuan | PDF (Bahasa Indonesia) | |
Yenni Padila Siregar, Lena Yannida Harahap | 59-67 | |
Bahan Ajar Digital Kerajaan Kuningan Untuk Meningkatkan Literasi Sejarah | PDF (Bahasa Indonesia) | |
Nur Amalia, Leo Agung S. | 68-74 | |
Efektivitas Penggunaan Video Pembelajaran dalam Upaya Meningkatkan Minat dan hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Matematika di masa Pandemi COVID-19 | PDF (Bahasa Indonesia) | |
Nurul Istiqomah, Sri Adi Widodo | 75-90 | |
Respon Siswa Terhadap Bahan Ajar Digital Bilingual Berbasis Realistic Mathematics Education (RME) | PDF (Bahasa Indonesia) | |
Pitriani | 91-98 | |
Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Tes Kemampuan Literasi Numerasi Berdasarkan Newman’s Analysis Error | PDF (Bahasa Indonesia) | |
Akbar Muntoha Gufron, Mochamad Abdul Basir, Mohamad Aminudin | 99-107 | |
Pengaruh Model Pembelajaran CORE dengan Asesmen Proyek Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa | PDF (Bahasa Indonesia) | |
Imadu Biladina, Imam Kumaryono, Nila Ubaidah | 108-117 | |
Pengembangan Instrumrn Tes Penalaran Aljabar bagi Siswa SMA Berbasis Taksonomi Marzano pada Materi Program Linier | PDF (Bahasa Indonesia) | |
Mawar Idah Shonia, Mochamad Abdul Basir, Dyana Wijayanti | 118-124 | |
Analisis Kemampuan pemahaman Matematis Siswa pada magteri Teori Pythagoras | PDF (Bahasa Indonesia) | |
Nurul Lailiyah, Mochamad Abdul Basir, Hevy Risqi Maharani | 125-133 | |
Artikel Review: Pengembangan Bahan ajar Menggunakan Model Search, Solve, Create, and Share | PDF (Bahasa Indonesia) | |
Anna Khoirun Nisa, Dyana Wijayanti, Imam Kusmaryono | 134-144 | |
Internalisasi Nilai-Nilai Islam pada Materi Relasi dan Fungsi | PDF (Bahasa Indonesia) | |
Zein Faizin, , Mochamad Abdul Basir, Nila Ubaidah | 145-151 | |
Analisis Motivasi belajar Siswa pada Pembelajaran Jarak Jauh dengan Menggunakan Microsoft Teams | PDF (Bahasa Indonesia) | |
Arif Budi Santoso, Mohamad Aminudin, Imam Kusmaryono | 152-157 | |
Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Materi Limit Fungsi Aljabar | PDF (Bahasa Indonesia) | |
Indri Setyawati, Imam Kusmaryono, Mochamad Abdul Basir | 158-168 | |
Pengembangan Instrumen Tes Penalaran Proporsional Materi Perbandingan Berdasarkan Taksonomi Anderson | PDF (Bahasa Indonesia) | |
Ahmad Lutfi, Mochamad Abdul Basir, Imam Kusmaryono | 169-176 | |
Respon Mahasiswa calon Guru Matematika Terhadap Kegiatan Uji Penguasaan Materi Secara Daring | PDF (Bahasa Indonesia) | |
Kurnia Noviartati, Agustin Ernawati | 177-184 | |
Pengaruh Kemandirian Belajar Siswa pada Pembelajaran Matematika Menggunakan Google Classroom dalam materi Bentuk Pangkat | PDF (Bahasa Indonesia) | |
Naufal Maula Abdullah, Imam Kusmaryono, Mochamad Abdul Basir | 185-193 | |
Penutup | PDF (Bahasa Indonesia) | |
Cover Belakang | PDF (Bahasa Indonesia) |
Last Updated (Wednesday, 19 May 2021 18:29)
Wisuda XX Program Sarjana S1 Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Sultan Agung Semarang
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Islam Sultan Agung (Unissula) Semarang menyelenggarakan Wisuda Program Sarjana ke-20. Acara tersebut diadakan secara luring pada Sabtu, 9 Maret 2024 di Hotel Horison Nindya Semarang.
Wisuda
Pengukuhan dan sumpah profesi guru Pendidikan Profesi Guru dalam jabatan angkatan II tahun 2023
Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru (PPG) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Islam Sultan Agung (Unissula) menggelar pengukuhan dan sumpah profesi guru Pendidikan Profesi Guru dalam jabatan angkatan II tahun 2023 (Sabtu/03/02/20
Dosen, Mahasiswa, dan Karyawan FKIP Unissula Bersolawat
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Islam Sultan Agung (Unissula) menyelenggarakan FKIP Bersholawat dengan tema meneladani Akhlaq Rosulullah SAW sebagai bekal yang unggul. Acara di helat di Gedung Kuliah Bersama Lantai 10 U
Pendidikan Matematika UNGGUL, Semua Prodi di FKIP Unissula Terakreditasi UNGGUL
Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Unissula berhasil meraih akreditasi unggul dari Lembaga Akreditasi Mandiri Kependidikan (LAMDIK). Hal itu tertuang dalam SK No 658/SK/LAMDIK/AK/SVIII/2023 pertan
Berbagi Pengalaman Terbaik: PGSD Unissula Terima Kunjungan PGSD Unisnu Jepara
Semarang, 25 Juli 2023, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) di Universitas Nahdatul Ulama Jepara (UNISNU) melaksanakan kegiatan benchmarking ke Program Studi PGSD di Universitas Islam Sultan Agung (UNISSULA) dalam rangka mempersiapka