Kuliah Kerja Lapangan (KKL) Pendidikan Matematika 2020

Kuliah Kerja Lapangan (KKL) Pendidikan Matematika 2020

Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Sultan Agung Semarang melakukan Kuliah Kerja Lapangan (KKL) dengan terjun langsung ke sekolah alam yang terletak di Parung, Bogor yang dikenal dengan sebutan SOU (School of Universe). Disana mahasiswa pendidikan matematika belajar tentang banyak hal. Perjalanan dari Semarang ke School of Universe dimulai dari senin sore dan sampai di Masjid Kubah Emas pada selasa pagi, setelah itu kita langsung menuju ke School of Universe yang mana merupakan tujuan utama kita. Sesampai disana mahasiswa pendidikan matematika disambut oleh beberapa guru dan pemandu yang ada di sekolah tersebut.

School of Universe merupakan sekolah alam yang didirikan oleh Bapak Lendo Novo beliau adalah penggagas sekolah alam pertamaa di Indonesia. School of Universe membuka kelas untuk siswa Kelompok Bermain, Taman Kanak-kanak, Sekolah Dasar hingga Sekolah Menenagah, di School of Universe memiliki lingkungan belajar yang nyaman, siswa dapat berpikir secara luas dengan pengetahuan yang dihadapannya melalui lingkungan yang positif menjadikan seorang siswa aktif dan berkembang dengan sangatlah baik.  Didalam School of Universe pendekatan pembelajaran yang digunakan dititik beratkan pada pembelajaran berbasis ketrampilan hidup (life skill) praktis yang luas, siswa dapat praktek langsung dengan didampingi oleh guru dan beberapa pendamping saat berada dilapangan, disekolah tersebut juga siswa dilatih untuk dapat membaca (semesta) dengan cara pandang yang menyeluruh. Didalam School of Universe kurikulum yang diterapkan terbagi menjadi 4 pengembangan yaitu:

  • Pengembangan Akhlak yang tunduk pada Allah menggali ayat qauliyah dan kauniyah.
  • Logika dengan metode belajar berama alam.
  • Bisnis dengan metode magang dan bejar dariahlinya (learn from maestro).
  • Pengembangan Leadership membentuk siswa dengan sikap leader melalui outbound training.

Setelah dari School of Universe kita pergi untuk menikmati keindahan kota bogor, dari sana kita kemudian pergi ke salah satu tempat yang berada di puncak bogor yaitu ke little venice, disana mahasiswa menikmati keindahan alam dan juga bangunan yang sangat indah hingga serasa di Negri Dongeng dalam cerita.