Seminar Nasional Pendidikan Matematika (SEMANTIK) 2019

Pada Seminar yang mengangkat tema “Strategi Pembelajaran Matematika Berbasis Budaya di Era Industri 4.0” diadakan oleh Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa di Yogyakarta, 7 Desember 2019. Dalam kegiatan ini pihak penyelenggara menghadirkan beberapa pembicara. Diantaranya adalah Dr. Dafid Slamet Setiana (Pakar etnomatika dosen UST Yogyakarta), Dr. Abdur Rahman As’ari (Pakar Berpikir Kritis Dosen UM Malang) , dan Dr. Tatag Yuli Eko Siswono (Pakar Pemecahan Masalah Dosen UNESA, Surabaya).

Kegiatan ini berlangsung mulai pukul 07.30 hingga 15.15, dimana pada pukul 07.30 –12.00 adalah kegiatan seminar di ruang Ki Sarino, dilanjutkan dengan ISHOMA lalu pada pukul 13.00 – 15.00  kegiatan sesi presentasi dari pemakalah. Dosen, Guru, serta Mahasiswa berantusias mengikuti kegiatan dari awal hingga akhir. Disini Universitas Islam Sultan Agung Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan Prodi Pendidikan Matematika memberangkatkan 3 Dosen dan 6 Mahasiswa untuk mempresentasikan.

  1. Dosen Nila Ubaidah, M.Pd menganggkat tema “Pembelajaran Kontruktivisme Model Search, Solve, Create, and Share Bernuansa Islami untuk Meningkatkan Disposisi Matematis Siswa” yang dilaksanakan di Ruang 04.
  2. Dosen M. Abdul Basir, M.Pd  yang mengangkat tema “pengembangan bahan ajar matematika berbasis investigasi untuk meningkatkan penalaran aljabar”
  3. Dosen Mohammad Aminudin, M.Pd mengangkat tema “Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Calon GuruMatematika dalam Menilai Kebenaran Pernyataan Matematis yang dilaksanakan di Ruang 08.
  4. Mahasiswa Ari Widiastuti dan Adelia Febby Indriana mengangkat tema “Analisis Penerapan Pendekatan STEM Untuk Mengatasi Rendahnya Kemampuan Berpikir Kreatif pada Materi Peluang” dilaksanakan di Ruang 05.
  5. Mahasiswa Adila Sukandar dan Dania Cahyanti Rukmana mengangkat tema “Kesiapan Pendidik dan Calon Pendidik dalam menghadapi Era Revolusi Industri 4.0” dilaksanakam di Ruang 07.
  6. Mahasiswa Berlian Sekar Pratiwi dan Ananda Admiranti Arlinda Dewi mengangkat tema “Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif ditinjau dari Taksonomi Quellmalz”

Last Updated (Tuesday, 17 December 2019 04:04)