Penerjunan Mahasiswa PPL Universitas Islam Sultan Agung

Semarang (23/07) –Universitas Islam Sultan Agung Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Progam Studi Pendidikan Matematika dan Bahasa Indonesia semester 7 setelah diberi pembekalan secara khusus pada Selasa 23 Juli 2019 di terjunkan ke sekolah-sekolah mitra yang sebelumnya sudah ditunjuk sebagai tempat pelaksanaan PPL. PPL yang merupakan progam magang II dan III tersebut akan dilaksanakan selama 2 bulan terhitung mulai tanggal 24 Juli hingga 25 September 2019, dengan ketentuan magang II dari tanggal 23-28 Juli dan sisanya adalah progam magang III. Selama magang mahasiswa akan melakukan observasi dan praktik mengajar secara langsung di sekolah. Mahasiswa dilepas secara langsung oleh Dekan FKIP Unissula, Imam Kusmaryono, S.Pd., M.Pd. Beliau memberi pesan agar mahasiswa selalu menjaga nama baik almamater dimanapun mereka berada termasuk di sekolah tempat magang.

Setelah pembelakalan magang selesai, selanjutnya mahasiswa datang ke sekolah dengan didampingi Dosen Pendamping Lapangan (DPL). Salah satu DPL yang mengantar secara langsung mahasiswa PPL yaitu Nila Ubaidah, M.Pd, beliau menerjunkan mahasiswa magang di SMA N 14 Semarang yang kebetulan Universitas Islam Sultan Agung Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan baru bekerjasama dengan SMA N 14 Semarang. Hal ini merupakan pengalaman pertama kali bagi pihak Unissula untuk memulai dengan SMA N 14 Semarang. Di SMA N 14 Semarang tidak hanya dipenuhi oleh mahasiswa magang Unissula saja, namun juga terdapat mahasiswa UPGRIS, UNNES, dan UIN Walisongo, tali silaturahmi antar keempatnya tetap terjalin sehingga selama magang terjalin suasana kekeluargaan sagat terasa.

Kedatangan rombongan magang dari Unissula dan UPGRIS yang kebetulan bersamaan disambut hangat oleh guru-guru dan Kepala SMA N 14 Semarang Dra. Sulastri, M.Pd. Dalam acara penerjunan beliau mengatakan bahwa beliau senang karena sekolahnya dipercaya sebagai tempat menimba ilmu bagi calon guru melalui magang II dan III ini. Dan beliau menegaskan agar mahasiswa magang mengikuti tata tertib yang berlaku, serta kedisiplinan yang harus selalu dijaga.

Selanjutnya mahasiswa dari UPGRIS dan Unissula langsung dikumpulkan di ruang khusus PPL yaitu di laboratorium Multimedia. Mahasiswa magang akan melakukan observasi bersama guru pamong yang sudah ditentukan selama satu minggu sebagai magang II, dan selanjutnya akan melakukan praktik mengajar dikelas hingga waktu berakhirnya magang sebagai magang III.

Last Updated (Wednesday, 18 September 2019 04:20)