PGSD Unissula, "Perluas Relasi, Tingkatkan Prestasi"

Program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) FKIP Unissula mengadakan kegiatan bertajuk Pembekalan Program Magang dan Praktik Latihan Profesi (PLP) Tahun 2018 di Aula Pertemuan Gedung Kuliah Bersama Lt.10. Kegiatan ini menjadi perpanjangan kegiatan Pembekalan PPL FKIP yang telah berlangsung di pagi hari. Pembekalan bertujuan untuk mempersiapkan mahasiswa sebelum diterjunkan di sekolah masing-masing agar dapat lebih menguasai kemampuan dan keterampilan yang dibutuhkan saat melaksanakan praktik. Diikuti oleh 116 mahasiswa yang telah bersiap untuk mengikuti kegiatan Magang I, Magang II, dan PLP yang akan dimulai pada tanggal 1 Agustus 2018, kegiatan ini berlangsung dengan lancar.

Selain pembekalan materi terhadap mahasiswa, kegiatan ini juga menjadi momentum penting dalam kerja sama yang dilakukan oleh Prodi PGSD FKIP Unissula dengan sekolah-sekolah dasar di UPTD Genuk, UPTD Sayung, dan UPTD Banyumanik yang nantinya akan digunakan untuk tempat pelaksanaan program Magang I, Magang II, dan PLP. Penandatanganan Nota Kesepahaman antara Prodi PGSD dengan 25 sekolah mitra di ketiga UPTD menjadi poin utama dalam kegiatan ini. Turut hadir pula Agus Sutrisno, M.Pd selaku Kepala UPTD Genuk, Bambang Sutarto, SIP selaku Kepala UPTD Sayung, dan Daryata, M.M selaku Kepala UPTD Banyumanik.

Kegiatan ini dibuka oleh Imam Kusmaryono, M.Pd selaku Dekan FKIP Unissula. Dalam sambutannya, beliau membahas pentingnya pelaksanaan praktik lapangan sebagai modal pengalaman mengajar kelak ketika telah menjadi guru yang sesungguhnya. Selanjutnya, paparan singkat mengenai Program Magang dan PLP disampaikan oleh Jupriyanto, M.Pd selaku Ketua Program Studi PGSD FKIP Unissula. Beliau menyampaikan bahwa Magang I dan Magang II merupakan dampak positif dari penerapan kurikulum KKNI di prodi PGSD Unissula. Selain itu, dalam paparanya, beliau juga menjelaskan bahwa tahun ini kerja sama yang dilakukan oleh Prodi PGSD diperluas hingga wilayah Banyumanik, setelah tahun-tahun sebelumnya hanya bekerja sama dengan UPTD Genuk dan Sayung. Hal ini tak luput dari usaha yang dilakukan oleh Prodi PGSD yang setiap tahun selalu berusaha untuk dapat lebih baik lagi dalam melaksanakan Program Magang dan PLP. Kerja sama ini juga merupakan upaya perluasan relasi yang harapannya dapat dijadikan sarana untuk semakin dapat meningkatkan prestasi serta menjadi kesempatan bagi mahasiswa untuk menimba ilmu seluas-luasnya. Para peserta tampak antusias mengikuti acara hingga selesai.

Last Updated (Thursday, 09 August 2018 03:32)