Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika 9 Maret 2016 dengan tema “STRATEGI PENGEMBANGAN KUALITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA DALAM KURIKULUM NASIONAL”

Prosiding Seminar  Nasional Pendidikan Matematika “STRATEGI PENGEMBANGAN KUALITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA DALAM KURIKULUM NASIONAL” ini  merupakan kumpulan makalah dari para pendidik, peneliti, pemerhati matematika dan pendidikan matematika.  Makalah-makalah pada prosiding ini telah direview pada aspek template dan tata tulis, judul dan konten, pembahasan dan kesimpulan, daftar pustaka, dan tingkat plagiasi maksimal 25%. Prosentase plagiasi menggunakan apliasi resmi turnitin pada www.turnitin.com.

Seminar Nasional Pendidikan Matematika merupakan kegiatan rutin yang diselenggarakan oleh Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Islam Sultan Agung Semarang tiap tahun. Kegiatan ini merupakan sebuah wadah bagi pendidik, peneliti dan pemerhati pendidikan matematika untuk mempublikasikan hasil-hasil penelitian dan kajian ilmiah serta untuk meningkatkan kerjasama diantara peserta.

Pendidikan merupakan bagian penting dari pembangunan sebuah negara. Berbagai tantangan ke depan semakin berat, mulai dari moral, ekonomi, hingga ipteks. Kurikulum KTSP dianggap tidak relevan lagi untuk menghadapi tantangan dan permasalahan di Indonesia. Pada tahun 2013 diberlakukanlah Kurikulum 2013 di beberapa sekolah sebagai piloting project. Setelah berjalan dua tahun, berbagai permasalahan muncul dari berbagai pihak, yakni guru, orang tua, dan murid. Keadaan ini dianggap masih banyak kekurangan pada kurikulum 2013 sehingga pada tahun 2015 diberhentikan sementara untuk dilakukan dievaluasi.

Ke depan, kurikulum 13 (kurikulum nasional) hendak diberlakukan kembali dengan berbagai perbaikan. Pemerintah melalui Kemendikbud telah melakukan pelatihan-pelatihan bagi guru. Persiapan ini dilakukan untuk memperlancar implementasi kurikulum.

 

DOWNLOAD FILE PROSIDING DISINI

 

 

Last Updated (Thursday, 30 June 2016 09:24)