Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

VISI, MISI, TUJUAN Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

FKIP Unissula

Visi

Menjadi program studi unggul, penghasil tenaga pendidik Bahasa dan Sastra khaira ummah, professional, berakhlak mulia, yang berdasarkan nilai-nilai Islam pada tahun 2025.

Misi

  1. Mendidik dan menghasilkan sarjana Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia yang mampu memadukan di dalam dirinya nilai-nilai Islam dengan keunggulan penguasaan ilmu Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia serta aplikasinya.

  2. Mempelajari, mengembangkan, dan memanfaatkan bahasa dan sastra Indonesia secara aplikatif untuk meningkatkan keluhuran martabatnya dalam rangka pelayanan kepada masyarakat.

  3. Menyelenggarakan kegiatan pendidikan, dan pengajaran bahasa dan sastra Indonesia secara profesional untuk menghasilkan lulusan yang berakhlak mulia, mampu mengembangkan ilmu Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan profesional dalam bidangnya.

  4. Menyelenggarakan kegiatan penelitian untuk mengembangkan ilmu Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia sesuai dengan kemajuan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni.

  5. Mencetak guru/pendidik bahasa dan sastra Indonesia yang berkarakter Islami, profesional, handal, dan memiliki kemampuan serta keterampilan untuk mengajarkannya.

  6. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat dari hasil temuan penelitian di bidang Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia yang mampu menyelesaikan problematika masyarakat di bidang Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Tujuan

 

  1. Menyelenggarakan proses pendidikan secara konsisten dan berkelanjutan dalam mengupayakan keterpaduan ilmu pendidikan dan nilai-nilai Islam dalam kurikulum Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.

  2. Menyelenggarakan proses pendidikan yang konsisten dalam penyempurnaan kelembagaan, administrasi, dan sistem informasi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia untuk menunjang kualitas pembinaan dan pengembangan Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.

  3. Menghasilkan lulusan sarjana Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia yang mampu menjadi guru/pendidik di bidang Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia yang profesional dan berbudi luhur.

  4. Menghasilkan guru/pendidik Bahasa dan Sastra Indonesia professional yang memiliki wawasan, sikap ilmiah, keterampilan, mampu berpikir logis, sistematis, kritis, dan kreatif serta berkarakter Islami.

  5. Menghasilkan penelitian di bidang Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia yang mampu memecahkan masalah di masyarakat dan mempublikasikan hasil penelitian di jurnal nasional atau internasional.

  6. Terselenggaranya proses evaluasi diri dan penjaminan mutu secara teratur dan berkelanjutan pada Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.

  7. Terselenggaranya pengabdian kepada masyarakat di bidang Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dari hasil penelitian di bidang Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia yang mampu menyelesaikan problematika di masyarakat guna kepentingan bangsa dan negara.