Penerjunan Mahasiswa PPL FKIP Unissula

Semarang (19/8) - Setelah diberi pembekalan secara khusus pada minggu lalu selanjutnya sebanyak 130 mahasiswa semester 7 dari Prodi PBSI dan PMat diterjunkan ke sekolah-sekolah mitra yang sebelumnya sudah ditunjuk sebagai tempat pelaksanaan PPL. PPL tersebut akan dilaksanakan selama tiga bulan terhitung mulai tanggal 19 Agustus hingga 12 Oktober 2015. Selama PPL mahasiswa akan melakukan observasi dan praktik mengajar secara langsung di sekolah. Mahasiswa dilepas secara langsung oleh Dekan FKIP Unissula, Prof. Dr. Gunarto, M. Hum, sebelum mereka datang ke sekolah PPL masing-masing di Aula FKIP. Beliau memberi pesan agar mahasiswa selalu menjaga nama baik almamater di mana pun mereka berada termasuk di sekolah tempat PPL.

Setelah upacara penerjunana PPL selesai, selanjutnya mahasiswa datang ke sekolah dengan didampingi Dosen Pendamping Lapangan (DPL). Salah satu DPL yang mengantar secara langsung mahasiswa PPL yaitu Meilan Arsanti, M. Pd. Secara kebetulan beliau menerjunkan mahasiswa PPL di SMP N 32 Semarang yang dulu menjadii sekolah PPL ketika menempuh S1 di Unnes. Tali silaturahmi antar ketiganya tetap terjalin sehingga pada saat penerjunan suasana kekeluargaan sangat terasa. Terlebih ketika rombongan PPL dari Unnes datang karena di sekolah tersebut dijadikan sekolah PPL dari Unissula dan Unnes. Kebetulan juga bahawa DPL dari rombongan PPL Unnes, Sumartini, S.S ., M. Hum. merupakan dosen yang dulu mengajar Meilan Arsanti, M. Pd. Tentunya ada ikatan persaudaraan yang terjalin antara SMP N 32 Semarang, Unnes, dan Unissula.

Kedatangan rombongan PPL dari Unnes dan Unissula disambut hangat oleh guru-guru dan Kepala SMP N 32 Semarang, Dra. Erna K. Rahayu, M. M. Dalam acara penerjunan beliau mengatakan bahwa beliau senang karena sekolahnya dipercaya sebagai tempat menimba ilmu calon guru melalui PPL. Beliau juga menegaskan bahwa selama PPL mahasiswa harus mengikuti tata tertib yang berlaku di sekolah. Hal tersebut untuk melatih kedisiplinan mahasiswa selama melaksanakan PPL di sekolah. Sambutan tersebut disambut oleh ketiga belah pihak.

“Saya dulu diterjunkan oleh Unnes, tetapi sekarang saya menerjunkan mahasiswa Unissula. Semoga jalinan silaturahmi dan kerja sama ini dapat memeberikan dampak yang baik. Saya titipkan mahasiswa saya di SMP N 32 Semarang seperti saya dulu ketika PPL di sini,” ucap Meilan Arsanti, M. Pd. dalam sambutannya.

Selanjutnya mahasiswa dari Unnes dan Unissula langsung dikumpulkan di ruang khusus PPL untuk diberi pengarahan dan pengenalan tentang lingkungan sekolah dan guru pamong mereka. Mahasiswa PPL akan melaksanakan observasi sekolah selama dua minggu dan selanjutnya akan melakukan praktik mengajar di kelas hingga waktu berakhirnya PPL