RAPAT KOORDINASI DAN LEPAS SAMBUT DEKAN FKIP UNISSULA

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Islam Sultan Agung (Unissula) menyelenggarakan Rapat Koordinasi dan Lepas Sambut Dekan FKIP Unissula, di Ruang Rapat lantai 2 Gedung Kuliah Bersama (GKB) FKIP Unissula, Kamis (1/2) pukul 10.00 WIB.

Acara ini turut dihadiri oleh Dr. Turahmat, S.Pd., M.Pd. selaku Dekan FKIP Unissula periode 2019-2024, Dr. Muhamad Afandi, S.Pd., M.Pd., M.H. selaku dekan FKIP Unissula periode 2024-2029, Dr. Hevy Risqi Maharani, S.Pd. M.Pd selaku Sekretaris Dekan FKIP Unissula periode 2024-2029, Nila Ubaidah, S.Pd.,M.Pd selaku Kaprodi Pendidikan Matematika FKIP Unissula periode 2024-2029, serta seluruh dosen dan para staf karyawan FKIP Unissula.

Dr. Turahmat, S.Pd., M.Pd. mengungkapkan bahwa sesuatu yang tidak lazim dan dianggap aneh dimasa lalu, bisa menjadi hal yang dianggap lumrah (biasa) di zaman sekarang. Manusia terus berkembang seiring berkembangnya zaman. Karena pola perubahan itu merupakan Qodarullah. Maka apa yang terjadi di FKIP Unissula, juga akan berubah seiring dengan perkembangan zaman.

"Saya beruntung karena di tahun 2019 saya diwarisi FKIP dengan kondisi eksisting yang sangat mapan oleh Prof. Dr. Slamet Imam Wahyudi, DEA. Saya diberikan arahan yang luar biasa oleh beliau terkait kondisi eksisting yang sudah mapan tadi, kemudian saya kembangkan lagi hingga saat ini masih berkelanjutan, dan insyaallah akan diteruskan oleh Dr. Muhamad Afandi, S.Pd., M.Pd., M.H." tutur Dr. Turahmat, S.Pd., M.Pd.

Dilain pihak, Dr. Muhamad Afandi, S.Pd., M.Pd., M.H. menyampaikan bahwa pisah sambut merupakan bagian dari proses demokrasi. Dalam suatu kesempatan beliau bertemu bapak Rektor Unissula yakni bapak Prof. Dr. Gunarto, S.H., M.Hum. beliau menyampaikan demokrasi di FKIP sudah sangat baik. Hal ini disebabkan oleh kepimpinan yang visioner, dimana kebijakan-kebijakan yang dibuat selalu mempunyai tujuan yang akan dicapai. Visioner ini tentunya berkaitan dengan prestasi-prestasi FKIP selama ini. Seperti: akreditasi, Pendidikan Profesi Guru (PPG).

"Kita perlu menjaga tri darma perguruan tinggi, yakni dsenua dosen bergelar doctor. Harapannya para dosen yang belum bergelar doctor bisa melanjutkan studinya. Selain itu ada juga Jabatan Akademik/Fungsional Dosen (JAFA) yang ditarget oleh pak rektor guru besar dan Lektor Kepala (LK)." Tutur Dr. Muhamad Afandi, S.Pd., M.Pd., M.H.

Dr. Muhamad Afandi, S.Pd., M.Pd., M.H. menyampaikan program kerja yang tidak tertulis seperti tasyakuran atau makan bersama di FKIP dalam rangka milad salah dosen FKIP Unissula. Dr. Muhamad Afandi, S.Pd., M.Pd., M.H. juga membentuk tim yang bernama media edu. Tim ini bertugas untuk merilis informasi terkait berita-berita pendidikan atau kegiatan lainnya di FKIP maupun di Unissula.

 

Setelah acara selesai ada sedikit wawancara dengan Dr. Turahmat, S.Pd., M.Pd. dan Dr. Muhamad Afandi, S.Pd., M.Pd., M.H. terkait harapan mereka untuk FKIP Unissula kedepannya.

Dari Dr. Turahmat, S.Pd., M.Pd. menyampaikan "Saya senantiasa berdoa mudah-mudahan Allah ridho terhadap FKIP, terhadap Unissula, ridho terhadap semua hal yang kami kerjakan dan upayakan dalam hal-hal menuju kebaikan. Supaya FKIP menjadi lebih maju dalam rangka syiar. Saya ingat betul pesan ketua umum Yayasan badan Wakaf Sultan Agung Dr. Bambang Tri Bawono SH.,MH. kata beliau setiap saat itu kita harus senantiasa bersyukur, menurut beliau bersyukur maknanya bukan hanya ridho terhadap segala ketetapan Allah, tetapi memaksimalkan semua potensi, memaksimalkan semua hal yang kita miliki, memaksimalkan semua amanah yang sedang kita duduki, supaya institusi yang ada FKIP itu berkembang semakin pesat. Semua hal yang ada diri kita itu adalah makna bersyukur. Jadi bersyukur bukan pasif bersyukur itu artinya aktif. Saya berdoa mudah-mudahan FKIP bersyukur atas semua hal yang diridhoi Allah yang diberikan oleh Allah dalam pengertian yang aktif tadi memaksimalkan semua potensi yang ada untuk kemajuan FKIP."

Dari Dr. Muhamad Afandi, S.Pd., M.Pd., M.H. menyampaikan bahwa Untuk ke depannya FKIP siap membuka S2 magister PGSD. Target yang harus dimaksimalkan seperti three darma perguruan tinggi:

1. Dosen yang studi lanjut segera memiliki gelar doctor. Targetnya 80% dengan harapan sampai 100%. atau semua SDM FKIP bergelar doctor.

2. Meningkatkan Jabatan fungsional dengan menargetkan bertambahnya guru besar dan lector kepala. Dari prodi minimal ada professor yang lahir dari fkip dan juga jabatan fungsional lector kepala

3. Mengajak seluruh dosen, karyawan tendik dan seluruh mahasiswa untuk meningkatkan kualitas Pendidikan di fkip unissula.

Semoga kepemimpinan yang baru dapat membawa FKIP UNISSULA menuju prestasi yang lebih gemilang.

Last Updated (Sunday, 04 February 2024 05:47)

 
Tantangan Bahasa Indonesia di Era Digital

Tantangan Bahasa Indonesia di Era Digital

Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) Unissula bekerjasama dengan Prodi PBSI Universitas Lampung mengadakan Seminar Nasional. Tema yang diangkat  problematika bahasa dan sastra Indonesia di era digital. Acara yang dilaksanakan Kamis
Wisuda XX Program Sarjana S1 Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Sultan Agung Semarang

Wisuda XX Program Sarjana S1 Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Sultan Agung Semarang

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Islam Sultan Agung (Unissula) Semarang menyelenggarakan Wisuda Program Sarjana ke-20. Acara tersebut diadakan secara luring pada Sabtu, 9 Maret 2024 di Hotel Horison Nindya Semarang. Wisuda
Pengukuhan dan sumpah profesi guru Pendidikan Profesi Guru dalam jabatan angkatan II tahun 2023

Pengukuhan dan sumpah profesi guru Pendidikan Profesi Guru dalam jabatan angkatan II tahun 2023

Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru (PPG) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Islam Sultan Agung (Unissula) menggelar pengukuhan dan sumpah profesi guru Pendidikan Profesi Guru dalam jabatan angkatan II tahun 2023 (Sabtu/03/02/20
Dosen, Mahasiswa, dan Karyawan FKIP Unissula Bersolawat

Dosen, Mahasiswa, dan Karyawan FKIP Unissula Bersolawat

  Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Islam Sultan Agung (Unissula) menyelenggarakan FKIP Bersholawat dengan tema meneladani Akhlaq Rosulullah SAW sebagai bekal yang unggul. Acara di helat di Gedung Kuliah Bersama Lantai 10 U
Pendidikan Matematika UNGGUL, Semua Prodi di FKIP Unissula Terakreditasi UNGGUL

Pendidikan Matematika UNGGUL, Semua Prodi di FKIP Unissula Terakreditasi UNGGUL

  Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Unissula berhasil meraih akreditasi unggul dari Lembaga Akreditasi Mandiri Kependidikan (LAMDIK). Hal itu tertuang dalam SK No 658/SK/LAMDIK/AK/SVIII/2023 pertan