Pendidikan matematika inklusif adalah pendekatan yang memastikan semua siswa, termasuk mereka dengan kebutuhan khusus, memiliki akses yang setara terhadap pembelajaran matematika. Pendidikan matematika inklusif bertujuan untuk memberikan kesempatan yang sama bagi semua siswa, termasuk anak berkebutuhan khusus (ABK): (a) Menciptakan lingkungan belajar yang ramah dan inklusif ; (b) Mengakomodasi perbedaan individu dalam pemahaman dan penguasaan konsep matematika ; (c) Memberikan kesempatan yang sama kepada anak yang memiliki kelainan fisik dan mental; dan (d) Membantu siswa berkembang sesuai potensinya Dalam pendidikan matematika inklusif, guru dapat menggunakan berbagai metode pengajaran, seperti: Manipulatif matematika, Pemodelan visual, Kerja kelompok. Pendidikan inklusif dapat diterapkan di semua jenjang pendidikan, mulai dari Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Menengah Atas (SMA)
Pada hari Selasa tanggal 3 Desember 2024 Mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika, FKIP UNISSULA Semarang melakukan kunjungan ke SLB Mutiara Bangsa kecamatan Patean Kabupaten Kendal. Dekan FKIP Dr. Muhammad Afandi, M. Pd., M.H. menyambut positif dan memberikan dukungan atas agenda Studi TIRU yang diselenggarakan oleh Program studi Pendidikan Matematika Unissula Semarang. Kunjungan mahasiswa dipimpin oleh Kaprodi Pendidikan Matematika ibu Nila Ubaidah, S.Pd., M.Pd. Kunjungan mahasiswa ini bertajuk ‘Studi Tiru sebagai implementasi pembelajaran di luar kelas dalam peningkatan literasi numerasi.” Studi tiru adalah kegiatan belajar yang dilakukan dengan cara mengamati dan meniru praktik terbaik dari lembaga lain yang lebih unggul dalam bidang tertentu. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kualitas, inovasi, dan efisiensi di lembaga yang melakukan studi tiru. Studi tiru dapat dilakukan di berbagai bidang, misalnya bidang Pendidikan. Sekolah dapat melakukan studi tiru untuk mengadopsi metode pengajaran, manajemen, atau program inovatif dari sekolah lain. Berbicara tentang Anak Berkebutuhan Khusus tentu tidak lepas dari pendidikan dan latar belakang keluarga yang ada. Bagaimanapun juga anak – anak tersebut memiliki hak yang sama dengan anak – anak lain.
Pada umumnya banyak orang tua ataupun masyarakat masih menganggap aneh perilaku mereka, Walaupun pada kenyataannya anak – anak berkebutuhan khusus dapat bergabung dengan anak – anak normal dalam setting pendidikan reguler dan kita tidak menganggap mereka sebagai manusia yang aneh, apalagi sebagian dari mereka juga mempunyai talenta yang luar biasa dan tidak kalah dengan anak – anak pada umumnya. SLB Mutiara Bangsa merupakan satu-satunya Slot gacor piloting school pada jenjang SLB di kabupaten Kendal dalam implementasi Kurikulum Merdeka yang berdampak nyata bagi kemandirian peserta didik, kepercayaan diri peserta didik, parenting bagi keluarga, lingkungan dan masyarakat sehingga diharapkan peserta didik menjadi manusia Indonesia yang unggul dan berkarakter, yaitu terwujudnya Profil Pelajar Pancasila yang beriman kepada Tuhan YME, Berahlak mulia, berkebinekaan global, mandiri, kreatif, dan bernalar kritis Studi tiru berbeda dengan studi banding, yang cenderung membandingkan inovasi yang serupa untuk diperbaiki. Studi tiru lebih menekankan pada meniru konsep inovasi secara menyeluruh.
Studi tiru di SLB Mutiara Bangsa dalam rangka implementasi literasi numerasi melalui susur sungai, menangkap ikan di sungai, pull out photo math box, menari sajojo dan maumere, dan kegiatan charity bagi siswa SLB Mutiara Bangsa. Studi tiru adalah konsep belajar yang dilakukan oleh suatu institusi untuk mempelajari praktik-praktik terbaik dari institusi lain yang dianggap lebih kompeten. Studi tiru dapat juga dilakukan di dalam kelas tanpa memerlukan biaya tambahan atau persyaratan logistik yang rumit. Adapun manfaat studi tiru bagi para mahasiswa pendidikan matematika diantaranya adalah (a) meningkatkan wawasan dan pengetahuan; (b) memperoleh perspektif baru tentang pembelajaran inklusi; (c) memahami cara meningkatkan kualitas pendidikan; (d) meningkatkan kualitas pembelajaran; serta mempererat kerjasama institusi.
Recent Comments