Seminar Nasional Pendidikan Matematika (SEMANTIK) 2019

Pada Seminar yang mengangkat tema “Strategi Pembelajaran Matematika Berbasis Budaya di Era Industri 4.0” diadakan oleh Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa di Yogyakarta, 7 Desember 2019. Dalam kegiatan ini pihak penyelenggara menghadirkan beberapa pembicara. Diantaranya adalah Dr. Dafid Slamet Setiana (Pakar etnomatika dosen UST Yogyakarta), Dr. Abdur Rahman As’ari (Pakar Berpikir Kritis Dosen UM Malang) , dan Dr. Tatag Yuli Eko Siswono (Pakar Pemecahan Masalah Dosen UNESA, Surabaya).

Kegiatan ini berlangsung mulai pukul 07.30 hingga 15.15, dimana pada pukul 07.30 –12.00 adalah kegiatan seminar di ruang Ki Sarino, dilanjutkan dengan ISHOMA lalu pada pukul 13.00 – 15.00  kegiatan sesi presentasi dari pemakalah. Dosen, Guru, serta Mahasiswa berantusias mengikuti kegiatan dari awal hingga akhir. Disini Universitas Islam Sultan Agung Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan Prodi Pendidikan Matematika memberangkatkan 3 Dosen dan 6 Mahasiswa untuk mempresentasikan.

  1. Dosen Nila Ubaidah, M.Pd menganggkat tema “Pembelajaran Kontruktivisme Model Search, Solve, Create, and Share Bernuansa Islami untuk Meningkatkan Disposisi Matematis Siswa” yang dilaksanakan di Ruang 04.
  2. Dosen M. Abdul Basir, M.Pd  yang mengangkat tema “pengembangan bahan ajar matematika berbasis investigasi untuk meningkatkan penalaran aljabar”
  3. Dosen Mohammad Aminudin, M.Pd mengangkat tema “Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Calon GuruMatematika dalam Menilai Kebenaran Pernyataan Matematis yang dilaksanakan di Ruang 08.
  4. Mahasiswa Ari Widiastuti dan Adelia Febby Indriana mengangkat tema “Analisis Penerapan Pendekatan STEM Untuk Mengatasi Rendahnya Kemampuan Berpikir Kreatif pada Materi Peluang” dilaksanakan di Ruang 05.
  5. Mahasiswa Adila Sukandar dan Dania Cahyanti Rukmana mengangkat tema “Kesiapan Pendidik dan Calon Pendidik dalam menghadapi Era Revolusi Industri 4.0” dilaksanakam di Ruang 07.
  6. Mahasiswa Berlian Sekar Pratiwi dan Ananda Admiranti Arlinda Dewi mengangkat tema “Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif ditinjau dari Taksonomi Quellmalz”
 
APRESIASI GUBERNUR JAWA TENGAH KEPADA MAHASISWA MAGANG FKIP UNISSULA

APRESIASI GUBERNUR JAWA TENGAH KEPADA MAHASISWA MAGANG FKIP UNISSULA

Mahasiswa magang Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Islam Sultan Agung (Unissula) menggelar diskusi secara virtual bersama Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. Lewat diskusi itu, para mahasiswa diapresiasi secara langsung o
FKIP Unissula Terjunkan Mahasiswa Magang Daring di 30 Sekolah di Jateng dan Kalimantan

FKIP Unissula Terjunkan Mahasiswa Magang Daring di 30 Sekolah di Jateng dan Kalimantan

Dekan FKIP Unissula, Dr Turahmad SPd MPd SEMARANG - Program magang di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Islam Sultan Agung (Unissula) Semarang diarahkan agar mahasiswa mempunyai pengalaman mengajar langsung di sekolah. Akan
Mahasiswa FKIP Unissula Magang Di Daerah Asal

Mahasiswa FKIP Unissula Magang Di Daerah Asal

Dekan FKIP Unissula, Dr Turahmad SPd MPd SEMARANG – Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan (FKIP) Unissula melepas mahasiswa untuk melakukan pemagangan di sejumlah sekolah SD, SMP, MTS, dan SMA pada (3/8). Pelepasan secara daring tersebut diikuti o
MAGANG MENGAJAR DI MASA PEMBELAJARAN ONLINE

MAGANG MENGAJAR DI MASA PEMBELAJARAN ONLINE

Sejak Covid-19 mewabah, mulai bulan Maret sampai sekarang, terjadi pergeseran tata kehidupan bermasyarakat. Wabah Covid-19 yang kasusnya masih meningkat sampai hari ini memaksa kita untuk memulai tatanan kehidupan baru (new normal). Pada mulanya pe
Pertemuan Ilmiah Bahasa dan Sastra Indonesia

Pertemuan Ilmiah Bahasa dan Sastra Indonesia

SEMINAR NASIONAL Pertemuan Ilmiah Bahasa dan Sastra Indonesia ke-42   Tema: “Peran Bahasa dan Sastra Indonesia dalam Kerangka Merdeka Belajar pada Masa Pandemi Covid-19” Subtema: Penerapan merdeka belajar pada pelajaran Bahasa Indo